Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya

Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya


Laptop termasuk barang elektronik yang sewajarnya juga mengalami kerusakan. Apalagi  jika kurang perawatan dan kurang mengerti tentang pemakaian laptop yang benar. selain kerusakan software masalah yang juga sering dialami adalah kerusakan hardware. Cukup jauh perbedaan dengan PC yang kelihatan jauh lebih bersahabat. Dalam posting ini kali saya akan meringkas masalah hardware laptop yang paling umum beserta solusinya masing-masing. Masih banyak masalah hardware laptop yang belum sempat saya bahas di blog ini. Itu berarti bahwa artikel ini belum final dan masih ada lanjutannya yang akan dibahas.


1. Laptop mati total.
Deskripsi masalah: Ketika anda memasang adaptor AC ke laptop, tidak ada lampu menyalakan sama sekali. Ketika Anda menekan tombol power untuk menghidupkan laptop, tidak ada reaksi yang terjadi. Laptop tampaknya benar-benar mati, tidak ada suara, laptop mati total.
Indentifikasi masalah:
  • AC adaptor gagal dan baterai habis sepenuhnya. Jntuk pertama kalinya coba uji AC adaptor. Jika memang mati, ganti adaptor.
  • Motherboard Laptop rusak. Dalam kebanyakan kasus, sangat sulit mengganti motherboard, lebih baik membeli laptop baru.
  • DC jack terlepas dari motherboard (atau DC jack rusak) dan laptop tidak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Dalam hal ini jack DC harus diganti.
2. Laptop hidup lalu mati lagi (hidup mati).
Deskripsi masalah:
Laptop menyalakan dengan layar blank. Setelah beberapa detik laptop mati dengan sendirinya. Kemudian menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop kita matikan secara total.
Indentifikasi masalah:
Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba reseating / mengganti memori. Jika tidak membantu, berarti kerusakan motherboard. Jika itu terjadi, kemungkinan besar laptop tidak layak diperbaiki. 

3. Laptop mati ketika sedang digunakan.
Deskripsi masalah:
Laptop menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Pada saat seperti ini, bagian bawah laptop terasa panas. Kipas laptop bekerja lebih keras dari biasanya.
Indentifikasi masalah:
Kemungkinan besar ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu yang ada dalam lapto. Laptop mati sendiri karena prosesor terlalu panas. Untuk memperbaiki masalah bersihkan kipas pendingin dan heatsink laptop.

4. Laptop menyala tapi layar blank.
Deskripsi masalah: laptop menyala, lampu LED pada laptop menyala, pendinginan kipas bekerja tapi layar laptop blank (hitam dan tidak ada gambar apa-apa).
Indentifikasi masalah:
  • Masalah ini dapat dikaitkan dengan kegagalan memori. Kemungkinan masalah memori gagal karena itu laptop tidak menyala. Silakan reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Jika masalhnya pada modul memori anda dapat mengganti modul memeori yang baru.
  • Jika mengganti modul memori tidak membantu, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll. Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika laptop masih juga tidak menyala, kemungkinan besar masalahnya pada motherboard atau prosesor.
5. Baterai laptop tidak terisi.
Deskripsi masalah:
Baterai laptop tidak terisi dengan benar. Ada dua kemungkinan yang terjadi ; tidak sama sekali atau setelah Anda mengatur posisi konektor adaptor AC di dalam konektor daya pada laptop.
Kemungkinan masalah:
  • Lepas konektor daya DC. Jika pengisian baterai berhenti setelah Anda mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack bermasalah.
  • Kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisi sedikitpun, coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali, kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. 
Sekian dulu posting saya masalah hardware laptop, masih banyak masalah-masalah lain menyangkut kerusakan hardware laptop yang Insya Allah akan saya posting dilain kesempatan
Terimakasih atas kunjungan sobat karena telah bersedia membaca artikel Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Terjadi Beserta Solusinya dengan url http://salamunpicassa.blogspot.com/2014/04/kerusakan-hardware-laptop-yang-paling.html. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ada link yang rusak atau terkendala download file silakan lapor admin melalui komentar dibawah. Terima Kasih, :)


Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top