Ini Alasan Baterai Smartphone Boros Setelah 500 Kali Charge

Ini Alasan Baterai Smartphone Boros Setelah 500 Kali Charge

Ilmuwan dari pusat penelitian Pacific Northwest National Laboratory (PNNL) telah menemukan alasan semakin 'loyo'-nya baterai smartphone dari masa ke masa.

Baterai Lithium-ion adalah jenis baterai yang paling banyak dipakai oleh smartphone dan gadget mobile lainnya. Semakin banyak diisi ulang dayanya (charge), baterai jenis ini akan semakin boros. Misalnya, sekitar satu perlima kapasitas baterai Lithium-ion akan hilang setelah 500 kali charge.

Tim ilmuwan dari PNNL menyatakan alasan dibalik hilangnya kapasitas itu terjadi akibat munculnya 'stres'. Mirip yang terjadi pada manusia, saat baterai terlalu sering dipakai dan dicharge, muncul stres berupa kerusakan pada bagian elektroda. Bagian tersebut adalah tempat penyimpanan listrik.

baterai smartphone boros


Selain itu, setiap pengisian daya juga terbukti membunuh satu bagian kecil elektroda. Nah, setelah ratusan kali charge, maka jumlah elektroda yang mati akan meningkat hingga mengurangi kapasitas baterai secara keseluruhan.

Baterai Lithium-ion sendiri diketahui mempunyai batas pengisian daya hingga 1500 kali sebelum akhirnya menjadi sangat boros atau yang kerap disebut 'ngedrop'. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai menghitung berapa kali Anda mengisi ulang smartphone dan menetapkan jadwal penggantian baterai.

Ingat, baterai smartphone yang sudah melewati batas pengisian dayanya akan mudah rusak atau bocor. Hal itu tentu berbahaya bagi smartphone Anda.


Terimakasih atas kunjungan sobat karena telah bersedia membaca artikel Ini Alasan Baterai Smartphone Boros Setelah 500 Kali Charge dengan url http://salamunpicassa.blogspot.com/2015/04/ini-alasan-baterai-smartphone-boros.html. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ada link yang rusak atau terkendala download file silakan lapor admin melalui komentar dibawah. Terima Kasih, :)


Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top